Tanggungjawabnya dimulai dari Anda: menentukan dan menetapkan target yang tepat.
Seorang pemimpin yang efektif, melukiskan gambar dan garis akhir yang jelas. Karenanya, ia butuh menetapkan tujuan, prioritas, dan standar. Sebenarnya, cara terbaik untuk menilai kualitas target seorang pemimpin adalah dari kualitas dan kecermatan berpikir yang melandasinya.
Target adalah arah ke mana Anda ingin membawa organisasi (bisnis) Anda. Sekalinya Anda membuat pernyataan target dengan jelas dan dikomunikasikan kepada organisasi, target akan menyatukan energi sejumlah orang dan berdampak kuat pada perilaku orang. Target menentukan sifat keputusan dan tindakan yang diambil, serta berpengaruh besar pada hasil yang dicapai.
Banyak pemimpin berpikir bahwa menetapkan target adalah hal mudah. Namun faktanya, memilih serangkaian target yang tepat adalah tugas sulit.
Target perlu tepat dalam hal jenis dan skala, agar dapat tercapai dan memberi motivasi. Target perlu bisa diterima investor, yang sebagian besar lebih peduli pada target jangka pendek, tapi Anda perlu memastikan bahwa proses bisnisnya bisa menghasilkan (uang) dalam jangka panjang. Dan yang terpenting, target bisa mencerminkan peluang dunia eksternal, sambil tetap memerhatikan kemampuan organisasi untuk meraihnya.
Bila seorang pemimpin tidak bisa memahami ini semua dan mampu memprosesnya dengan penuh percaya diri, target Anda pasti akan terlalu sederhana atau terlalu agresif atau kontradiktif.
Tidak diragukan lagi, memilih target yang tepat adalah hal penting. Ada kecerdikan-praktis untuk menetapkan target yang tepat, dalam kombinasi yang tepat, dengan jangka waktu yang tepat, dan pada level yang tepat.
Pemimpin tidak dapat menetapkan target dengan hanya melihat pada kaca spion sejarah -apa yang sudah tercapai di tahun sebelumnya, dan menyesuaikan angka yang hendak diraih tahun ini berdasarkan apa yang pernah tercapai.
Target harus mencerminkan peluang yang ada di depan dan kemungkinan yang ada bagi organisasi Anda selagi melangkah ke depan. Anda perlu memilih lebih dari satu target untuk menyeimbangkan organisasi, dan tidak semuanya harus mengacu pada sisi keuangan dan jumlah (pelanggan, transaksi). Pertimbangkan target yang relevan bagi organisasi Anda dalam 1-3 tahun ke depan.
Akan selalu ada angin yang berhembus searah dan berlawanan dengan Anda, yang dapat mempercepat Anda mencapai target atau memperlambatnya. Namun, target dari awal harus didefinisikan dengan jelas dan dengan jangka waktu yang spesifik. Lalu, Anda perlu bersedia mengubahnya saat dunia berubah dan peluang serta kemampuan organisasi bertambah besar atau kecil.
Sekarang, bisakah Anda menjawab pertanyaan ini, “Apa 1-3 target terpenting organisasi Anda tahun ini?”
Jika Anda sudah memiliki jawabannya, itu baik, bagus, dan tepat. Jika belum, tentukan dan tetapkanlah.
Sebagai pemimpin organisasi, Anda perlu sangat jelas dalam pemikiran Anda tentang apa yang benar-benar dibutuhkan untuk meraih target yang telah ditetapkan. Anda perlu menyusun prioritas, agar Anda memiliki gambaran peta jalan yang jelas menuju tujuan. Di tulisan selanjutnya, kita akan belajar seputar prioritas.
Rio Purboyo,
Manajer di INALEAD (Innovation Leader)
https://inalead.id/